kadang-kadang nulis

MBR

MBR ( masyarakat berpenghasilan rendah) bukan CBR, itu motor 😉. baru tahu artinya tahun 2020. gegara mau pasang pdam yang udah hampir aku lupakan sekitar 2 tahun lalu. itu pun ketemunya via searching.

waktu aku mau daftar pasang pdam kata ibunya” ikut yang program pusat aja ya, 500 aja biaya adminnya” jelasnya singkat padat tanpa detail. “kalo regular sekitar 2jutaan” sambungnya dengan muka datar. “ktp,kk.” jarnya tanpa memandang mukaku yang susah berhenti tak senyum sepanjang hari karena dapat murah 😄.. ga minta pendapat, dapat murah kan rezeki.

setelah aku serah data, disurvey,difoto..ga sekalian muka ku difoto aku siap menelangsakan muka. sangking semangat aku didaftarkan ikut program murah.

setahun berlalu sejak program murah meriah tapi belum masuk² juga pipanya. aku kembali ke kantor itu ketemu dengan ibu admin yang suka ambil keputusan sendiri tanpa banyak basa basi. pantaslah kantor ini sepi benakku. lagian yang mau nekat nongky di pdam yang penuh besi gede dan suara deru mesin tanpa henti siapa sih?... aku ngikik dalam hati. hari itu aku tekadkan niat mau daftar ikut regular aja,karena sempat gondrong kembali nih rambut nunggu setahun. “ga bisa,sudah datanya ikut yang pusat.tunggu aja ya”.. seperti kena sihir aku menurut tanpa demo.aku pulang.btw ibunya selalu dingin kayak ruangannya yang full ac bikin merinding.

2 tahun tepatnya bulan ini, aku sudah tak tahan lagi karena lelah setiap tiga hari cek selang dan colokin pump dibawah. apapun yang terjadi aku rela kehilangan setengah dari harga murah dan memaksa diri ikut yang regular aja.tapi aku ga pengen berkunjung ke kantornya lagi. wa aja ama mas yang survey. dugaanku kalo aku sampe wa ama ibu admin kemungkinan 3 hari baru dibalas karena dia sedingin es. ga kebayang kalo dia sudah bersuami. btw jadi begosip sendiri 😂.ampun ibu saya hanya fans ..

“besok atau senin akan dipasangkan stiker MBR” balasnya tanpa menunggu 3 menit setelah diread. tanpa dosa aku membayangkan MBR adalah merk yang terpasang pipa. jadi menurut orang goa ini besok dia punya pdam.horee… lompat sampe ke plafon

iseng ku searching apa itu stiker MBR. ahaayy ,itu adalah stiker yang dilengket terdahulu di depan rumah.yang artinya penanda kalo pdam rumah kami bagian dari program tsb .jadi meminimalisir ga salah pasang barangkali takut ketuker ama yang ga pake program.btw, beda ga ya arus deras air pake murah ama yang regular? tanya ku pada angin . tiba-tiba langsung terdiam dan masih trauma..ini baru lengketi stiker. apa akan memakan waktu setahun lagi? kenapa aku jadi curiga beratss..

ingin rasanya menyarankan ke pdam setempat dengan term and condition kalo seandainya stiker MBR dilengketi dirumah gede kayak model police line diikat disekujur tubuh rumah bisa ga dipasang besok pipanya dirumah kami yang haus air ? atau sekalian bikin baliho gede-gede dengan tulisan “Rumah ini ikut program murah meriah yang telah menunggu 2 tahun, tolong prioritaskan” lalu di samping tulisan ada fotoku sambil menggendong utra dan nio ditangan kiri dan kanan sambil memasang muka memelas. maka, aku siap hari ini juga sesi foto untuk balihonya. selama ini kah tunggu yang murah? sedikit penyesalan terbersit dibenakku. masak sih orang kesusahan,di tambah bikin susah. dimana kata”susah” yang ga kupahami dengan baik? bayar pulsa angkat tu pump aja kadang sampe 100 sebulan. boros ya. percaya boros dah, aku sudah menghitungnya 🙄. IRT mulai merajuk gara² bukan murah tapi bangkak-bangkak.

pelajaran penting disini adalah aku orang yang ga suka berurusan dengan hal-hal kayak model gini(selain via online aja) pergi urus admin di kantor pln,pdam,pertanahan,perternakan,pertanian, pembualan (eehh berbual maksudnya hehe ) apalah yang berhubungan dengan banyak ini itu,bolak balik. giliran sudah berumah tangga baru kalang kabut.ga paham akronim lah.. kalo bapak sampe tahu anaknya udah di sekolahin lama-lama baru ga tahu singkatan MBR iihhh bisa kena gantung kali hahahaayy … syukur ada mbh google 😃.

a

ngomong itu bagaimana.

hunn hari ini berangkat lagi ke kampung planningnya 3 hari.kembali lagi aku memencet tombol hape yang dipensiunkan demi quality time..ciyee ..itu bagian dari menjalankan warisan budaya tradisional dalam berRT kata emak yang bunyi wejangannya “kalo ada suami jangan asik sendiri,suaminya dinomorsatukan..bla..bla..”..siap mak. laksanakan.🦸

meskipun kaku hampir ga sejalan dengan gaya abad 21 tetap work it lah.. kalo wejangan emak itu ga bakal dimakan diwaktu.minimal meminimalisir ketegangan dalam berRT. kuncinya sok sabar. hahaa

menomorsatukan suami dalam RT menurut hasil rangkuman ku setelah khotbah sekitar 3 jam itu meliputi: kalo suami pulang wajib jabat tangan,kalo makan ditemani,bangun pagi buatin kopi,temani berdiskusi,ga boleh ngomong kasar,ga boleh boros (ini yang paling aku suka), banyak dah.. sampe kalo aku lupa pesannya,aku semedi dulu sekalian yoga..yee sekalian olahraga 😎

ngomong kasar untuk zaman sekarang itu banyak kali aku liat baik itu tulisan atau pun video para remaja perempuan terlalu mudah mengeluarkan kata kayak anji** dan suku kata mahluk hidup lainnya yang bermakna umpatan dan kurang sopan. terkadang karena aku sudah terdoktrin (takut ke mamak) ga boleh ngomong gitu jadi ngeliat hal² demikian kurang cocok aja. kadang pelakunya santai aja ngomong kayak gitu.ga berdosa ama mamaknya 😃

tapi ga apalah beda zaman beda orang²nya..bukan berarti yang hobi ngomong gitu ga punya akhlak. misal ada kasus, kesandung kulit pisang terus terlempar hingga 1 km ” aduh siapa sih yang buang kulit pisang sembrangkangan?! sial.. kurang aj**.. an****” itu contoh kepeleset lidah sangking kagetnya..ku rasa ga masalahlah namanya juga menyampaikan aspirasi , ga sengaja sampai mendata ulang nama² ternak, binatang melata dan segala ciptaanya. tapi buat mamak itu tetap ga etis . mungkin yang cocok itu kira² ngomongnya ,” aduh siapa sih yang buang kulit pisang sembarangan? paham ga apa yang dimaksud dengan tong sampah? sampah itu dibagi menjadi dua macam organik dan non organik.nah,kalo kulit seperti ini sebaiknya taruhlah di tong sesuai dengan kebutuhannya, apakah bisa didaur ulang atau dikembalikan ke asalnya.ingat!jangan buang sampah sembarangan, jaga kebersihan lingkungan bersih cerminan jiwa.” ngumpat apa kampanye dari puskesmas ni .aku termenung

emak berujar” ngomong itu bagaimana biar kedengaran ga kasar apalagi nyakiti yang dengar”. hampir aja aku ga sanggup menerapnya karena termakan bahasa² keren anak zaman sekarang .hahaa. ♥️ emak

source:google

musyawarah mufakat

selain hemat salah satu motto kami dalam berRT adalah karena didalam rumah ada dua kepala jadi semua wajib didiskusikan agar menjadi bentuk satu kepala aja. bahasa zaman kemerdekaannya kira² musyawarah mencapai mufakat.

satu ketika hunn dapet project bikin lapangan volley ball.disitulah aku melihat bakat terpendamnya. ga suka matematika atau hitung²an.ini kalo mau bukti, ingat ga siapa yang mengerjakan soal akuntansi waktu sekolah itu hunn..mentang² kita berpacaran ciyee,, aku dimanfaatin bikin debet kredit mu. tapi, entah bagaimana dia bisa menghitung volume² pasir,batu dkk tanpa meleset apalagi mubazir.hmm apakah aku seorang yang selalu ikut campur urusan suami? iya,kalo itu berhubungan dengan fasilitas yang dipake orang banyak tentu saja.meskipun aku hemat aku masih berperasaan hahaa..terkecuali aku buka warung,itu beda cerita ga boleh buntung.

aku tergelitik bertanya.. kok bisa?

“kan pengalaman ” katanya. klise dan bikin ga percaya 😃. tapi percaya gih, ini terbukti hitungannya.

aku selalu mengingatkan untuk mengontrol pekerjaan bukan hanya dari hp saja, langsung ke lapangan itu lebih puas. bisa aja kita percaya kepada konsultan atau tukang dilapangan tapi hasilnya akan lebih bermutu lagi jika kita yang langsung menangani meskipun konsekuensinya ga pulang ke rumah karena menyita waktu dan perjalanan. irt memberi saran panjang dan cerewet. hunn seperti biasa berpikir, diam,tanpa protes dan langsung gooo daripada kena omel kali.

hingga setelah siap pakai lapangannya, dia cerita kalo ada bekas tapak kaki anjing ikut tercetak dengan penuh semangat aku memintanya untuk menutup segala hal yang tidak tercantum dalam kontrak kerja.dengan keteguhan hati menempuh perjalanan 50menit hunn khusus pergi menambal tapak kaki guguk .😎

pesan moral(macam cerita anak² nusantara) :

∆ ngapain dua kalo bisa disatukan

∆ kerjakan sesuatu dengan teliti sehingga tidak menimbulkan gosip hot dimasa mendatang.

∆ keuntungan diimbangi dengan kepercayaan.

hari ketiga hunn stay dirumah karena nunggu hujan berhenti. mungkin bakar rambut bisa menghentikan hujan hunn.hahaa.aku ketawa sendiri

hun memang bukan tipe kayak aku yang betah dalam rumah. lebih suka dapat informasi dari video ketimbang membaca. juga ga suka tidur siang kecuali kurang fit. jadi wajar kalo anak-anak mewarisi badan ditancap batere anti lawbet.gerak tanpa henti . benakku

dia bilang ke aku dan nio..”cocok memang kalian berdua dalam rumah ini, si nio ndut harus diajar pegang buku kayak emaknya”, hal yang kontras dengan hunn baru megang buku semenit aja itu sama dengan mengantarnya ke dunia mimpi.

aku belajar dari kepribadian kami,cara pandang , juga cari sumber duit yang berbeda. aku lebih konvensional,cari rp dari bekal ilmu sesuai jurusan.sedangkan hun lebih mementingkan nilai rp meskipun tanpa ijazah. itu gaya yang bener² ga seperti duniaku sebelumnya

dari berbagai aksi heroiknya menjadi bapak kepala rt dan rp haha.. hanya kegiatannya yang tiba² membeli barang tanpa persetujuan ku kadang menimbulkan pengetatan pengeluaran. wajar.aku kan penuh hitungan aka hemat.

kepentingan apa aku selalu ngomong, kampanye ,mengaungkan kata hemat. karena aku mengingat dan menjalan tradisi pesan hemat pangkal kaya yang selalu tercetak rapi dalam buku pelajaran waktu kelas 2 SD.

apalagi sekarang aku melihat hampir semua lini kehidupan itu dibuat ga hemat dengan alibi salah satu cara menikmati hidup. tapi giliran ga dapat BLT demo². 😎

jadi panjang khotbah.. 😅

intinya si hunn ga suka terikat pada pekerjaan yang mengharuskan dia melakukannya berulang² setiap hari selama 26 hari selama sebulan. awalnya aku ga biasa dengan cara kerjanya, namun setelah aku banding²kan kayaknya work it lah.ok. yang penting dapur kita selalu ngepul dan anak² bahagia. kalo cuma tunggu punya ku aja ya cukup untuk kebutuhan sehari-hari aja bisa bikin garuk² kepala dah meskipun ga gatal.

hunn ku perhatikan mulai mengikuti alur irt. dia pun mulai ikut²an hemat. biasa dulu kalo pulang kerja selalu singgah ke warung dan bungkusi makanan bawa pulang ke rumah.yang artinya dalam kalkulatorku melayang 50rb sekali bungkus. dibanding ,ayam sekilo 45rb.setelah aku jelaskan hitungannya dia sudah mulai mengikuti pola ku.

suatu ketika, dia curhat “tadi,pap buru² pulang singgah ke pasar biar ga mampir ke warung” sambil pamer seikat kacang panjang 😄

” pap tadi sampai perih perutnya tapi ga singgah diwarung, ingat kalian di rumah”

“kenapa maksa kalo lapar pi?”

“kasian aja ama kalian, pap makan sendiri di warung sementara kalian makan dirumah aja. baik kita makan sama² aja”

terkadang pertobatan muncul saat sudah berkeluarga.ingat anak istri ya hunn.. beda waktu single . selalu tampil ceria dan ngak cape² belanja ke pasar tradisional.

ini hari ketiga full ngantor yang artinya besok² udah bisa sherloc wfh..hari kemenangan buat irt.

meskipun besok hari free aku wajib mengenang hari ini yang telat turun dan dengar ada yang teriak dan ga balas saat disapa.. eehh ada yang esmosii berats .. maaf bossque.ampun beribu ampun paduka. semalam begadang

sangka ku akan berjalan semudah yang kubayang semalam sebelum menjalankan aksi begadang. turun. kerjakan duty sepenuh hati.kelar. langsung bisa cabut. kenyataannya,buat isi kuisioner aja butuh kurang dari 2 jam lebih. apa ga ngorok ni perut yang tadi ga sempat sarapan. btwork, tanpa kendala aku mulai menjelaskan dengan sabar dan penuh senyuman yang setelah dua jam mulai berubah jadi buru-buru. rasanya mau linglung karena nahan lapar.finalkan yang ini dulu.langsung pindah ruang. sesampai,di dapur ga ketemu makanan,yang ready kopi ama teh. pengen sih protes kenapa ini terus yang tersedia tiap hari? ya kalo sudah didemo perut gini memang muncul sikap kurang bersyukur.ahh.. kopi aja dah.minimal ganjal pake air. lega

baru juga kopinya turun bikin senang hati.cek hp ada chat si hunn yang nunggu karena ga bisa keluar beli sesuatu biar dia ga menderita. kalo sudah gini,aku panik melebihi dengar berita anak-anak kelaparan ga dikasih makan seminggu aja. tanpa pikir² lagi ,starter motor langsung tancap pergi ke pasar.

pergi beli terasi.

ya Tuhan. ini laki di tambah sama anak²nya yang juga laki-laki luarbiasa manja. masak gara-gara terasi rela ga sarapan pagi sih?. padahal semua tinggal disendoki.kalo aja aku yang disitu mungkin sudah ketiduran karena kekenyangan.

ga langsung pulang,singgah lagi ke kantor memastikan semua sudah aman. tergopoh² aku pulang membawa terasi pembawa sukacita dalam keluarga. baru ketuk pintu ,Nio menyambut dengan tangisan seolah-olah telah ditinggal tiga hari dua malam. tapi ada yang berbeda, dipipi kanan nio ada goresan segar luka.bikin hatiku ikut terluka

” utra mana hun?” tanyaku

“ada,tidur”

“kenapa pipi ade tergores?”

” mereka berdua main kena jepitan rambut”

dengan kasian aku memegang pipi nio yang lukanya terbuka, semoga dengan sentuhan emaknya bisa meringankan sedikit sakitnya. aku pun mulai mengumpul tenaga buatin sambel terasi si hunn dengan diiringi bunyi perut kukuruyuuukk kayak ayam jago.

jam 12 aku dan hunn baru sarapan pagi. terima kasih terasi engkau sudah membuat kami (khususnya hunny) makan dengan lahap hingga dia rela menjadikan sarapan pagi menjadi makan siang. (jul 3rd)

sera kah

pic.google

keserakahan kadang muncul bukan karena orangnya tidak baik. melainkan,ketika rasa ingin memiliki lebih tanpa diimbangi hidup. sudah dibagi,mau aja nyaplok dengan berargumentasi membenarkan diri sendiri. apalagi ketika merasa diri special. terlebih suka membandingkan diri. dan,mereka paling ga bisa ditegur.

dulu aku cuma membaca ada sikap jenis itu.namun didunia nyata itu ada kebetulan jenisnya langka. kalo dalam film² ada yang serakah karena sangking kayanya aka pengen lebih dan lebih.ini sebaliknya. perompak. bayangkan bagaimana bersikap menghadapi yang begini? pengen marah, kasian.ya jadi salah sendiri nanggapinya.ngalah aja dah 🙂

iya kamu aja yang menang.kamu yang abadi didunia ini.

#rugi 40bl 😶

jika neraka yang selalu digaung²kan semacam ini..apa yang perlu dikhawatirkan 😎.. masih bisa fashion, berdiri dengan tegap tanpa takut rintangan kalo bisa sempatkan juga berdebat dengan yang pegang kunci sekalian 😁..sepertinya yang dibutuhkan hanya tenaga dalam mengontrol hawa panas.mungkin perlu banyak² latihan ga pake kipas angin untuk sementara waktu sambil cek² produk kebal api.

penyangga biskuit

aku paling suka biskuit SO sekaligus paling sebel. jadi benci.benar-benar cinta.iya iya.. lalu ini kesel kenapa irt cerewet?

setelah bener² dalam rumah sejak pandemi ini,kalo makan sesuatu lebih fokus liat semuanya.kayak hari ini, pas lagi makan ni biskuit liat kemasannya yang sobek full jadi keliatan tempat tampung biskuitnya yang menurut hitunganku sebagai irt memegang prinsip disiplin itung tinggi (hemat) meskipun bukan seorang penggemar matematika. desain tempatnya itu loh bikin kesel. seharusnya aku bisa memakan sekitar 9 biji x 4 petak. karena 2 petak sudah didesain sebagai penyangga .sisa 2 petak yang utuh. tiap penyangga setelah aku hitung berkali-kali bisa menampung 3biji .dan, ada 2 penyangga. artinya aku telah kehilangan 6 biji biskuitku. ini mirip soal tes cpns .dan, aku yang bikin materi urutan angka ini pusing kali liatnya.

lagian apa sih fungsi penyangganya? kalo pun didesain khusus untuk tempat tatakan gelas juga ku rasa ga pas dah.kekecilan.kecuali gelas mainan. apa waktu ngdesainnya,si kreator mikir mungkin biskuitnya akan lelah jika ga di beri sekat kayak gitu kali ya. ahh..aku protes nih.

jangan sampe hal ini terjadi dipasar tradisional tempat aku beli sayur itu.kalo saja ibu² itu pake sistem ada penyangga tempat batang sayur dengan alasan takut sayurnya layu karena menunggu irt datang membeli,tentu aku ga akan makan sayur²an lagi mulai saat itu juga. 🙄

pagi-pagi tadi hujan. tiba-tiba ada guntur mengiringinya. tiba² bikin aku teringat. semua serba tiba-tiba…

tiba-tiba aku diminta agar memberikan sejumput rambutku untuk dikorbankan. setelah mereka berdiskusi (adu mulut) dalam bahasa yang ga ku mengerti akhirnya kakak lelaki yang berpendidikan(minimal paham arti kata mitos dan legenda) namun sangat menjunjung tinggi nilai² budaya nenek moyang berkata sambil menatap aku tanpa basa basi “ade, rambutmu kita bakar sedikit ya?”.. ya Tuhan,pengen rasa ku tolak permintaan itu sambil berlari seperti atlet bola kaki. tapi, mau lari kemana malam-malam gini,mana ini bukan kampung ku lagi.. 🙄

“buat apa kk..”tanya ku.

“biar hujan dan gunturnya berhenti” terangnya.

” iya kk”…

seharusnya aku jawab (kalo berani) “iya ini rambut ku silakan dibakar sekalian ama orangnya”.. lalu mereka membakar ku..😑

lalu setelah dibakar. beberapa jam kemudian hujan guntur badai topan tornado katarina hilang. ajaib ternyata rambutku!. boleh, minta tolong masukkan rambut beserta pemiliknya menjadi salah satu list keajaiban dunia mereka

keesokan harinya aku memberanikan diri bertanya sekaligus protes terselubung ke salah satu anggota keluarga mereka (step sister abang yang minta rambutku dibakar).

“kk..semalam langsung berhenti gunturnya ya setelah bakar rambut. kenapa harus rambutku yang dibakar bukan siapa gitu kk ?”

“itu de karena mereka duga aja kalo kamu mungkin ada ketawa-ketawa waktu cabut bulu ayam itu”, jelasnya

” oh ya..” jawabku asal aja. itu sih bukan duga tapi mendakwa.

“iya de,kalo disini ada yang begitu mungkin ada orang yang ketawain binatang”jelasnya

“oh gitu kk” jawabku sambil mengangguk tanda setuju karena rambut ajaibku sudah menyelamatkan kami satu rumah dan mungkin seluruh penduduk kampung dari bunyi guntur dan turunnya hujan.

emangnya aku doang yang cabut tu bulu ayam s****n yang gantinya rambutku. benakku

semua gara² cabutin bulu ayam untuk lauk siang itu. lagian yang nyabut tu bulu bukan aku seorang.kan rame-rame. kenapa aku yang tertuduh? lagian kan kalo dipikir² ngapain aku harus tertawa saat cabut bulu ayam.cabut bulu ketek sendiri saja bikin nangis. apalagi cabut seluruh bulu ditubuh tu ayam,pake perasaan dong.ga mungkin aku ketawa. ya .. seingatku yang hahahihi tadi itu adalah tante yang goreng ayam sekalian ngoceh pake bahasa mereka sepanjang menggoreng empat ekor ayam malang penyebab bencana malam ini.

aku meyakinkan diri pulang kembali ke kampung keesokan harinya. lama² aku yang terbakar ni. 🤐..

#di post untuk mengenang suatu tempat dimana aku telah meninggalkan jejak bagian dari salah salah anggota tubuhku menjadi abu. Pulo K, 2016.

Awan Tag